UA-31675260-1

Sofyan Wanandi: Pola Pikir Buruh Vs Pengusaha Sudah Kuno

 

demo-buruh-mogok-nasional-300x225

Demo buruh di Bundaran HI

demo_buruh_macetkan_thamrin

Demo buruh macetkan Jl Thamri

WE.CO.ID Ketua Umum Pengurus Harian Apindo Sofyan Wanandi kadang-kadang dianggap “musuh” kaum buruh. Maklum, pernyataan-pernyataannya kerap dianggap menguntungkan pengusaha, dan – demikian logikanya – merugikan buruh. “Ah, pola berpikir buruh versus pengusaha itu kan kuno. Itu pola pikir Marx yang sekarang sudah ketinggalan zaman, “ ujar Sofyan
“Sebetulnya buruh itu partner pengusaha,” kata Sofyan.  Sayangnya, lanjut Sofyan, sekarang terlalu banyak serikat buruh. “Ada sekitar 100 serikat buruh yang punya level nasional, dan ada sekitar 5.000 serikat buruh regional,” tambahnya. Repotnya, banyak politikus yang memanfaatkan kondisi ini. “Ada tokoh-tokoh buruh yang seolah-olah berjuang untuk mereka, tapi sebenarnya mereka sedang mencari popularitas,” tegas Sofyan.
Apalagi pemerintah juga turut campur. Sementara kepala daerah juga ingin mencari popularitas untuk kepentingan dirinya. “Maksud saya, seharusnya negosisasi besarnya upah cukup diselesaikan antara buruh dengan pengusaha. Pemerintah tidak usah ikut campur,” lanjutnya. Soalnya, setiap kepala daerah yang ikut memutuskan punya kepentingan. Alhasil, keputusan yang diambil cenderung menyenangkan masyarakat banyak (popular), tapi mempunyai dampak buruk dalam jangka panjang.
Susahnya lagi, kata Sofyan, buruh-buruh kita ini kebanyakan unskilled. Yang pendidikannya setingkat SD (sekolah dasar) sekitar 60%. Dengan demikian, untuk mencapai kualitas tertentu para pengusaha harus melakukan training lagi.sofyan wanandi

Karl Marx
Menghadapi situasi terakhir ini, lanjut Sofyan, banyak pengusaha yang akan beralih ke pemakaian mesin untuk menghindari konflik. “Di samping itu, banyak juga kaum buruh yang menyadari dampak PHK akibat ketidakmampuan pengusaha mulai meninggalkan cara-cara demo,” ujar Sofyan.
(ihsan@wartaekonomi.com)

Sofyan Wanandi: Pola Pikir Buruh Vs Pengusaha Sudah Kuno - Warta Ekonomi.

 

 

Enhanced by Zemanta

Leave a Reply