UA-31675260-1

Suatu saat rusunawa/rusunami jadi kelihatan "luas"

Suatu saat Rusunawa sepert di Marunda, Pulogebang, atau Tanah Tinggi akan menjadi suatu "kemewahan"  jika ekonomi Indonesia sudah sedemikian majunya sehingga disebut " full developed country" seperti Jepang, Hongkong atau AS  maka muncul yang disebut "capsule apartment". Mengapa? Karena harga tanah jadi sedemikian mahalnya diluar jangkauan orang kebanyakan.Bahkan  China yang baru mencapai ekonomi menengah disebut "middle income country" menuju "moderately developed country" sudah ketularan capsule apartment ini dan "apartment 3.0" yang berukuran 10 m2.

CapsuleHotelDuapuluh tahun lalu di Jepang mulai dibangun Capsule Hotel Shinjuku 510, suatu hotel murah yang berupa kapsul atau  kotak seperti "locker" berukuran panjang 2m x lebar 1m x tinggi 1,25 m untuk tempat bermalam bagi pekerja kantor yang tidak keburu pulang setelah seharian lelah bekerja. Tetapi di jaman resessi sekarang tempat itu menjadi apartemen yang disewa bulanan oleh kaum pengangguran karena inilah alternatif paling murah.

 Dengan tarif sewa $620, tidak terlalu murah , anda mendapatkan kapsul yang dilengkapi tv dan kasur, seprai dan sarung bantal bersih dan akses ke ruang bersama. Barang-barang bawaan harus dititipkan di 449px-CapsuleHotelCapsulelocker kecil yang disediakan (karena sempitnya tempat)

 

New York Times via Lisa Katayama's Twitter]

Read About Capsule Living and Feel Better About Your Dinky Apartment

 

capsul apartment china


Leave a Reply