UA-31675260-1

Danjen Kopassus: Kapan Jokowi Butuh, Kami Siap! - Gebrakan Jokowi Basuki

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersama Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo, sesaat sebelum berkeliling markas
Kopassus, di Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013)

JAKARTA, KOMPAS.com — Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo menegaskan, siap jika diminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membantu warga Ibu Kota yang dilanda bencana.

"Kapan Bapak Jokowi membutuhkan kami, kami selalu siap membantu," tegasnya di sela acara bersih-bersih Kali Ciliwung yang turut dihadiri Jokowi di Kompleks Kopassus, Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013) pagi.

Agus melanjutkan, koordinasi yang baik antara anggota Kopassus dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi bencana telah dilakukan saat musibah banjir yang menerpa DKI Januari 2013 silam. Hal itu diharapkan berlanjut.

"Seperti banjir kemarin. Kami langsung siapkan peralatan dari malam hari, prajurit juga kita siapkan. Kita jadi yang pertama mengevakuasi warga bantaran Sungai Ciliwung," ujar Agus.

Jokowi pun mengapresiasi positif janji petinggi Kopassus tersebut. Menurut mantan Wali Kota Surakarta tersebut, para prajurit Kopassus memang sudah seharusnya membantu rakyat karena Kopassus adalah salah satu aset negara atau dalam kata lain, milik rakyat juga.

"Apalagi Kopassus masuk tiga besar kesatuan khusus terbaik dunia. Jadi jangan ada persepsi negatif, karena ini milik rakyat," ujar Jokowi.

Selama Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI, setidaknya ia telah empat kali meminta bantuan pasukan Kopassus. Bantuan itu, yakni mengevakuasi warga bantaran sungai saat banjir besar Januari 2013, memperbaiki tanggul jebol di Latuharhary, membantu mengevakuasi jenazah di basement gedung UOB dan membantu masuk ke gorong-gorong di jalan protokol DKI Jakarta.

 

 

Danjen Kopassus: Kapan Jokowi Butuh, Kami Siap! - Gebrakan Jokowi Basuki.


Leave a Reply